Yuk Malming Asyik, Nonton Karasmin Wayang Banjar di Palnam - Warta 24 Kalimantan Selatan
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Yuk Malming Asyik, Nonton Karasmin Wayang Banjar di Palnam

Yuk Malming Asyik, Nonton Karasmin Wayang Banjar di Palnam

Berita Banjarmasin Yuk Malming Asyik, Nonton Karasmin Wayang Banjar di Palnam Pertunjukan wayang Banjar sudah sangat jarang ditampilkan di hadapan publik. Bag…

Yuk Malming Asyik, Nonton Karasmin Wayang Banjar di Palnam

Berita Banjarmasin

Yuk Malming Asyik, Nonton Karasmin Wayang Banjar di Palnam

Pertunjukan wayang Banjar sudah sangat jarang ditampilkan di hadapan publik. Bagi Anda yang rindu pertunjukan wayang Banjar

Yuk Malming Asyik, Nonton Karasmin Wayang Banjar di PalnamistimewaWayang kulit purwa Banjar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pertunjukan wayang Banjar sudah sangat jarang ditampilkan di hadapan publik. Bagi Anda yang rindu pertunjukan wayang Banjar atau belum pernah menonton sama sekali, inilah kesempatan yang sangat berharga untuk mengisi acara Malming (malam minggu).

Pada Sabtu (9/12) malam nanti Wayang kulit purwa Banjar akan tampil di Perpustakaan Kalsel atau di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel Jl Ahmad Yani Km6 Banjarmasin.

Pertunjukan wayang untuk meramaikan bazaar buku Palnam Book Super Sale (PBSS) itu akan dimulai pukul 22.00 Wita sampai selesai.

Baca: Waduh! Kerugian akibat Kemacetan di Jabodetabek Senilai Rp 100 triliun

Adalah Dalang Upik yang akan membawakan lakon wayang berjudul Cinta di ujung malapetaka. Upik adalah Pimpinan Sanggar Anak Pandawa Desa Panggung, Barikin, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Kepala Dispersip Kalsel Hj Noorliani Dardie menyatakan, karasmin bawayang ini untuk mengangkat seni budaya tradisi lokal yang kian hari kian tergerus arus global.

"Hubungannya dengan dunia leterasi, yaitu jika budayanya musnah, maka data historis, fisik, empiris pun lenyap dalam ruang hidup kita," ungkapnya.

Jika sudah demikian maka sulit mencari sumber, objek, bahan penelitian, penulisan, wacana keilmuan atau lainn ya.

Acara ini juga disambut bagi sejumlah kalangan masyarakat, seperti halnya Aswin Noor warga Banjarmasin yang menanggapi positif.

Baca: Diculik ISIS sejak 2014, Ribuan Perempuan Yazidi Masih Misterius

"Sebagai pecinta seni tradisi, saya menyambut baik adanya karasmin bawayang di acara Palnam Super Book Sale yang digagas oleh Kadis Dispersip Kalsel," ujarnya.

Lanjut Aswin, karasmin ini sebagai ujud ikut bergerak membenahi bagian hulu budaya lokal. Selain hilirnya yaitu sebagai budaya literasi.

"Selain itu mempromosikan gemar membaca dan gemar mengunjungi perpustakaan," tandas Aswin.

Penulis: Salmah Editor: Edinayanti Sumber: Banjarmasin Post Ikuti kami di Jangan Ngeres Dul u! Kenyataannya 10 Foto Ini tak Seporno yang Kamu Bayangkan, Amati Baik baik! Sumber: Google News | Warta 24 Hulu Sungai Tengah

Tidak ada komentar