WARTA 24 KALIMANTAN SELATAN

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Tahap Awal Pembangunan RSP Langensari Banjar Terjadi ...

Posted by On 19.08

Tahap Awal Pembangunan RSP Langensari Banjar Terjadi ...

Hasil tahap pertama proyek pembangunan Rumah Sakit Pratama (RSP) di Muktisari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar. Photo: Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Tahap awal pembangunan Rumah Sakit Pratama (RSP) di Kelurahan Muktisari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, akan segera selesai pada minggu ini, sebagaimana jangka waktu kerja yang ditetapkan. Diketahui, pengerjaan tahap awal bangunan RS berlantai tiga itu sampai pada plester dan acian tembok.

Namun, berdasarkan pantauan Koran HR di lokasi, Sabtu (16/12/2017), pada bangunan lantai tiga bagian luar sebelah samping dan belakangnya terlihat hanya pasangan bata tanpa plester acian.

Dikonfirmasi hal tersebut, pelaksana di lapangan dari CV . Tunas Fortuna Jaya, Yana, menjelaskan, jangka waktu kerja tahap awal pembangunan RSP berakhir sampai tanggal 26 Desember mendatang, dan untuk lantai tiga bagian luar tidak sampai pada pekerjaan plester acian.

“Rencana awal memang bangunan tiga lantai ini sekelilingnya, baik bagian dalam maupun luar sampai pada pengerjaan plester acian tembok, tapi ada perubahan. Jadi, tidak dikerjakannya itu karena ada pengerjaan sekatan tembok di dalam bangunan lantai dua, yang semestinya itu dikerjakan proyek tahap kedua tahun mendatang,” jelasnya.

Dia juga menegaskan, bahwa apa pun perubahan item pekerjaan yang dilaksanakannya itu tak mengurangi kualitas kontruksi bangunan. Terbukti, saat terjadi gempa cukup besar pada Jum’at (15/12/2017) malam lalu, tidak ada bagian tembok yang retak atau rubuh.

“Yang jelas, pada lantai tiga bagian luar tak diplester acian, kemungkinan akan ada perubahan desain bangunan tampak luarnya yang dikehendaki oleh dinas terkait,” tukas u jar Yana.

Sebelumnya di tempat terpisah, Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Banjar, Tantri, mengakui, bahwa dalam pembangunan tahap awal RSP ada sedikit perubahan item pekerjaan atas pertimbangan tertentu.

“Meski demikian, namun perubahan itu tak akan mengurangi kualitas bangunan, dan kami optimis pihak ketiga akan mampu mengerjakan tahap awal pembangunan RS dengan tepat waktu sesuai kontrak kerja yang diberikan 26 Desember lusa,” katanya.

Lebih lanjut Tantri mengatakan, tahap kedua proyek RSP akan langsung dilanjut pekerjaannya pada tahun anggaran 2018 mendatang, yang diperkirakan dimulai pada bulan April.

Sedangkan, untuk bangunan terdampak proyek RSP pun akan dikerjakan secara bertahap mulai tahun depan, seiring akan segera selesainya pembebasan lahan pada lokasi yang telah ditentukan.

“Insya Allah, proses pembayaran atas pelepasan hak tanah dan bangunan rumah milik warga akan dilakukan minggu depan. Kita tinggal nunggu apra isal rumah warga yang ikut tergusur yang masih dikerjakan tim pembebasan lahan,” jelas Tantri.

Berdasarkan informasi yang dihimpun HR dari Bappeda Kota Banjar, bahwa pembebasan lahan dilakukan dalam dua tahap. Di mana tahap I di tahun 2017 ini dengan anggaran Rp.3 miliar, dan tahap II tahun 2018 sebesar Rp.1 miliar.

Adanya pembebasan lahan tahap II ini sesuai ajuan DPU untuk mencukupinya atas luasan lahan warga yang dibeli. Sedangkan, untuk bangunan terdampak RS penggantiannya akan dikerjakan tahun depan di lokasi pembebasan lahan, yaitu terlebih dahulu dibangun Sekolah Dasar (SD). Jadi, bangunan SD di tempat awal tidak akan dibongkar dulu. (Nanks/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Sumber: Google News | Warta 24 Banjar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »