WARTA 24 KALIMANTAN SELATAN

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Peminat Jurusan APHP Tinggi, SMKN 3 Banjar jadi Pilot Project ...

Posted by On 19.56

Peminat Jurusan APHP Tinggi, SMKN 3 Banjar jadi Pilot Project ...

Sejumlah siswa jurusan Agrobisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP), saat melakukan praktek di sekolahnya. Photo: Istimewa.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Kota Banjar, menjadi pilot project percontohan dan salah satu sekolah ungulan di Jawa Barat, atas perkembangannya terutama jumlah siswa pada jurusan Agrobisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) yang tersedia di sekolah tersebut.

Kepala SMKN 3 Kota Banjar, H. An-Nur, mengatakan, sekolah yang dipimpinnya menjadi pilot projek percontohan atau sekolah unggulan di tingkatannya. Hal ini tak lepas dari penilaian perkembangan yang ada, terutama jurusan APHP.

“Memang di SMKN 3 Kota Banjar ini jurusan APHP s angat diminati masyarakat. Dari sejumlah SMK di Jabar yang mempunyai jurusan APHP, SMKN 3 Kota Banjar merupakan yang terbanyak siswanya. Jadi tak berlebihan Jabar memberi penilaian tersebut,” terang An-Nur, Jum’at (15/12/2017) lalu.

Bahkan, Dinas Pendidikan Provi Jabar di tahun 2017 ini memberikan perhatian bantuan sarana penunjang berupa pembangunan satu ruang praktek, serta paket peralatan mesin pertanian seperti mesin perontok jagung, kopi, tepung, dan banyak lagi.

“Kami sangat bersyukur dengan penilaian dan perhatian yang diberikan Provinsi Jabar. Semoga ini menjadi motivasi bersama agar SMKN 3 Kota Banjar lebih berkembang dan maju, juga lulusan siswanya lebih berkualitas,” ucap An-Nur, yang akan memasuki masa pensiuan pada Februari 2018 mendatang.

Untuk saat ini, jurusan APHP di SMKN 3 Kota Banjar memliki 9 rombongan kelas (rombel), setiap angkatannya terdiri dari 3 rombel. Setiap rombel berisi 32 siswa atau total siswa jurusan APHP sebanyak 288 ora ng.

Selain APHP, SMKN 3 Kota Banjar juga tengah menggenjot pengembangan jurusan Teknik Hasil Perikanan (THP). Upaya pengembangan kedua jurusan tersebut tiada lain untuk mendukung program Pemkot Banjar, sebagaimana visi misinya menuju Banjar Kota Agropolitan.

Dia menjelaskan, selama ini siswa jurusan THP sudah beberapa kali melakukan praktek di Balai Benih Ikan (BBI) Kubangsari, Dinas Pertanian Kota Banjar, seperti pemijahan beberapa jenis ikan, dan praktek terkait lainnya. Selain praktek di BBI, siswa juga praktek di sekolah dengan sarana berupa kolam mini yang dimilikinya.

An-Nur menilai, jurusan THP dan APHP mempunyai prospek kerja yang cerah, seperti halnya jurusan lain yang tersedia di SMKN 3 ini. Dengan begitu, maka jurusan tersebut layak dipertimbangkan bagi siswa baru, mengingat Indonesia adalah negara agraris.

“Ada kesempatan yang luas untuk berkarier setelah lulus sekolah nanti. Semoga semua jurusan yang ada di SMKN 3 Kota Banjar lebih diminati , dan semakin banyak siswanya,” harap An-Nur. (Nanks/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Sumber: Google News | Warta 24 Banjar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »